Cara Mengirim dan Menerima Intent Dengan Android Studio

Mengirim dan menerima intent dengan menggunakan Android Studio sebenarnya cukup mudah, yaitu cukup dengan membuat beberapa permission pada AndroidManifest dan membuat fungsi untuk menerima intent di AndroidManifest. Kunci utama dari Mengirim dan Menerima Intent adalah pada AndroidManifest! Tanpa lama – lama lagi ini adalah cara mengirim dan menerima Intent dengan Android Studio.

Mengirim Dan Menerima Intent

Mengirim Dan Menerima Intent ( Source Image : luckytruedev.com )

Mengirim Dan Menerima Intent

Kali ini AksaraKode akan membuat aplikasi mengirim dan menerima intent dengan keterangan sebagai berikut :

Mengirim Intent :

  • Telepon
  • SMS
  • Browser
  • Email
  • Kalender
  • Maps

Menerima Intent :

  • Text
  • Gambar

Konfigurasi AndroidManifest.xml

Sebelum melakukan membuat aplikasi untuk mengirim dan menerima intent, kita tuliskan dulu beberapa akses yang akan kita perlukan seperti kalender / telepon / sms. Berikut ini adalah code dari AndroidManifes.xml :

Berikut ini penjelasannya :

Kita akan meminta beberapa akses pada telepon seperti Telepon / SMS / Calender. Lalu pada activity IntentReceived kita akan menerima intent jika MIME / Content-Type dari yang dikirim merupakan image / text.

Membuat Layout

Sebelum kita membuat code untuk mengirim dan menerima intent, kita buat dahulu tampilan atau layout dari aplikasi tersebut. Sederhana saja, kita tambahkan beberapa TextView, dan EditText, Beberapa button. AksaraKode menggunakan 2 Layout XML dan 2 Java File Code, karena akan membuat aplikasi sederhana saja.

activity_main.xml akan dipergunakan sebagai pengirim intent. Berikut ini code xmlnya :

Lalu setelah itu kita membuat layout untuk menerima intentnya. Untuk menerima intent kita hanya membutuhkan 2 elemen yaitu TextView dan ImageView, karena kita hanya akan menerima intent tersebut.

activity_intent_received.xml : 

Mengirim Dan Menerima Intent Pada Android Studio

Menuliskan Code Java

Lalu kita akan menuliskan code java untuk mengirim atau menerima intent, sangat simpel karena kita hanya akan menerima inputan pada button lalu kita akan meneruskannya. Berikut ini adalah Code Javanya :

MainActivity.java berguna untuk handling pengiriman intent :

Kalau kita amati ini cuma menambahkan listener pada button lalu melakukan eksekusi terhadap intent yang dipilih. IntentReceived.java akan berguna untuk menerima intent yang dikirim berupa text atau image. Berikut ini adalah codenya :

Dan, begitulah hasilnya! jika ingin menerima Intent, pergi ke Image / Text lalu Pilih Bagikan, maka akan tampil aplikasi yang telah kamu buat, seperti ini :

Menerima Intent pada Opsi “Bagikan”

Ya, begitulah cara dan code dalam mengirim dan menerima intent pada Android Studio, Memang sangat sederhadana baik code dan aplikasinya, semoga bermanfaat! Jika ada yang ditanyakan atau ada yang salah dalam artikel ini, bisa meninggalkan komentar ya!

Source Code dari tutorial ini bisa didapat di : https://github.com/aksarakode/Receive-and-Send-Intent-on-Java 

Leave a Reply